Login  Tentang      
27082 Pengunjung Blog Selasa, 27 Februari 2024

 

Kembali ke daftar blog Cetak Berita ini

GELIAT PEMBERDAYAAN MASYARAKAT DI WILAYAH KECAMATAN MERGANGSAN

Diposting pada: 01 Agustus 2018 01:05

Sesuai dengan dokumen perencanaan Kecamatan Mergangsan baik di Rencana Strategis maupun pada Rencana Kerja tahun 2018, program eksternal Kecamatan Mergangsan adalah Program Peningkatan Pelayanan dan Pemberdayaan Masyarakat  Berbasis Kewilayahan Kecamatan Mergangsan terbagi ke dalam kegiatan sebagai berikut:

  1. Penyelenggaraan pemerintahan, ketentraman dan ketertiban masyarakat Kecamatan Mergangsan
  2. Penyelenggaraan pelayanan, informasi dan pengaduan masyarakat Kecamatan Mergangsan
  1. Pembinaan ekonomi, sosial dan budaya masyarakat Kelurahan Brontokusuman
  2. Pembinaan ekonomi, sosial dan budaya masyarakat Kelurahan Keparakan
  3. Pembinaan ekonomi, sosial dan budaya masyarakat Kelurahan Wirogunan
  4. Pembinaan sosial budaya masyarakat Kecamatan Mergangsan
  5. Penyelenggaraan pembangunan wilayah dan pembinaan perekonomian masyarakat Kecamatan Mergangsan

Output dari berbagai kegiatan tersebut mulai di wujudkan satu demi satu oleh masing-masing pengampu kegiatan. Output kegiatan pembinaan ekonomi, sosial dan budaya masyarakat yang tersebar pada masing-masing kelurahan di wilayah Kecamatan Mergangsan antara lain adalah pelatihan kelokmpok masyarakat, penyuluhan/sosialisasi/sarasehan, pembinaan masyarakat dan sebagainya.

Pada level kecamatan, pemberdayaan masyarakat menyasar pada anggota Linmas, PKL dan pada tri wulan I telah melaksanakan pemilihan pengurus RT, RW dan LPMK serta telah disahkan dengan Surat Keputusan Camat Mergangsan untuk LPMK dan Surat Keputusan Lurah untuk RT dan RW.  Lembaga-lembaga tersebut telah menerima Surat Keputusan  pada acara pengukuhan pengurus RT, RW dan LPMK se Kecamatan Mergangsan. Kepengurusan yang baru telah dibekali pula dengan pembinaan sebagai pengantar tugas melalui anggaran Kecamatan Mergangsan tahun 2018 ini.

Kepala seksi pemberdayaan masyarakat juga telah melakukan berbagai kegiatan sebagai pelaksanaan dari Rencana Kerja Tahun 2018  antara lain pembinaan dan pengarahan ketugasan Tim Koordinasi Penanggulangan Kemiskinan se Kecamatan Mergangsan, Pelatihan pendidik PAUD,  dan berbagai kegiatan Tim Penggerak PKK Kecamatan Mergangsan melalui kelompok kerja (Pokja) mulai dari Pokja I sampai dengan IV.

Dalam bidang ekonomi di Kecamatan Mergangsan telah dilakukan pelatihan bagi pelaku Usaha Mikro Kecil (UMK) antara lain kegiatan pengemasan produk dan labeling. Harapannya hal ini mampu meningkatkan kualitas pelaku usaha mikro kecil di Kecamatan Mergangsan baik sumber daya manusia maupun produknya yang pada akhirnya mampu meningkatkan nilai jual dan kesejahteraan masyarakat pelaku UMK.  Selain berada di kecamatan pelatihan ekonomi juga berada di level kelurahan se Kecamatan Mergangsan.

GALERI KEGIATAN

Pelatihan Tata Rias

 

Pelatihan Kewirausahaan

 

Gebyar Lansia

 

Pelatihan Sablon

 

Sarasehan Jam Belajar Masyarakat (JBM)

 

Merti Tumpeng Robyong

 

Pembukaan Kegiatan Peringatan HUT Proklamasi RI ke 73 di Dipowinatan