Login  Tentang      
27080 Pengunjung Blog Selasa, 27 Februari 2024

 

Kembali ke daftar blog Cetak Berita ini

Launching Posbindu Kecamatan Mergangsan

Diposting pada: 24 September 2018 14:16

 

HAKARYO SARAS

(Hangudi Kasarasaning Wiryo lan Sarira Sawiji)

KECAMATAN MERGANGSAN

 

Pos Pembinaan Terpadu (POSBINDU) Kecamatan Mergangsan di launching pada Hari Jum’at tanggal 14 September 2018 di Halaman Kecamatan Mergangsan. Acara tersebut dihadiri oleh Kepala Dinas Kesehatan Kota Yogyakarta, Camat Mergangsan dan jajaran Forkopimka Kecamatan Mergangsan. Pertimbangan yang melandasi pembentukan posbindu tersebut adalah adanya program deteksi dini faktor risiko Penyakit Tidak Menular pada karyawan Pemerintah Kota Yogyakarta.

Dalam sambutannya, Budi Santosa, S.STP, M.Si. (Camat Mergangsan) menyampaikan bahwa kegiatan Posbindu ini dalam rangka mewujudkan pemantauan kesehatan secara dini bagi karyawan dan karyawati yang akan dilakukan secara rutin bekerja sama dengan Forkopimka Mergangsan, Puskesmas dan KUA Mergangsan. Menguatkan sambutan Camat Mergangsan, Kepala Dinas Kesehatan Kota Yogyakarta dr. Fita Yulia Kisworini, M.Kes menyampaikan bahwa Posbindu ini juga dalam rangka untuk meningkatkan kinerja pegawai Pemerintah Kota Yogyakarta. Disampaikan pula bahwa Kecamatan Mergangsan adalah Kecamatan pertama di Kota Yogyakarta yang membentuk Posbindu, harapannya dapat diikuti oleh Kecamatan dan Perangkat Daerah yang lainnya.

 

Setelah memberikan sambutan, Kepala Dinas Kesehatan me- launching POSBINDU Hakaryo Saras Kecamatan Mergangsan secara simbolik dengan pemukulan gong. Selanjutnya dalam rangka meyelaraskan kegiatan Posbindu ini juga disediakan menu sehat yang dominan berupa sayur (pecel) dan buah (jeruk, jambu, pisang, salak dan lain-lain). Selain itu doorprize yang disediakan juga sebagian besar buah (pisang, semangka, pepaya dan melon) dan sayuran / bumbu (kacang panjang, sawi, cabe rawit, cabe merah, wortel, brokoli dan bawang merah). Walaupun kelihatannya sederhana tetapi para peserta sangat senang dengan doorprize semacam ini. Hal sekaligus juga menanamkan gemar makan sayur dan buah demi kesehatan tubuh.

Para peserta atau anggota posbindu juga melakukan periksa kesehatan dengan petugas dari pengurus posbindu dan Puskesmas. Pembentukan Posbindu ini sebagai salah satu langkah adanya GERMAS (Gerakan Masyarakat Hidup Sehat) yang memfokuskan pada tiga hal yaitu melakukan aktivitas fisik, mengkonsumsi buah dan sayur serta memeriksa kesehatan secara berkala.

Pada kegiatan pertama Posbindu Hakaryo saras Kecamatan Mergangsan berusaha untuk membudayakan tiga hal yang manjadi fokus Gerakan Masyarakat Hidup Sehat yaitu dengan olah raga, pemeriksaan kesehatan dan makan sayur dan buah setiap hari. Dengan adanya pembinaan terpadu dalam hal kesehatan tersebut juga dapat menanamkan kepada setiap individu bahwa masyarakat yang sehat diawali dari saya sehat.