Login  Tentang      
27083 Pengunjung Blog Selasa, 27 Februari 2024

 

Kembali ke daftar blog Cetak Berita ini

Sambutan Walikota Yogyakarta pada Launching PATBM Brontokusuman

Diposting pada: 26 September 2018 09:56

 

 

WALIKOTA YOGYAKARTA

SAMBUTAN PADA GEBYAR PAUD

DAN LAUNCHING PATBM

KELURAHAN BRONTOKUSUMAN

Minggu, 23 September 2018

Assalamu’alaikum Wr. Wb.

Salam sejahtera bagi kita sekalian

 

Yth :

  • Bapak Camat, Forkopimka Kecamatan Mergangsan serta Lurah Brontokusuman ;
  • Bapak / Ibu pengurus PATBM Kelurahan Brontokusuman ;
  • Segenap Kepala OPD Pemerintah Kota Yogyakarta ;
  • Yang saya banggakan adik-adik peserta Gebyar PAUD ;
  • Serta undangan hadirin yang berbahagia ;

 

Pertama kali marilah kita memanjatkan puji syukur ke hadirat Allah SWT, Tuhan Yang Maha Esa, karena atas rahmat dan perkenan-Nya, pagi ini kita dapat mengikuti kegiatan Gebyar PAUD sekaligus pada kegiatan ini dilaksanakan Launching Perlindungan Anak Terpadu Berbasis Masyarakat (PATBM) Kelurahan Brontokusuman, Kecamatan Mergangsan.

Berbangga dan senang sekali, tadi saya dapat menyaksikan penampilan adik-adik yang cantik, ganteng, lucu, pintar, enerjik dan sehat, pada Gebyar PAUD pagi hari ini. Hal ini sekaligus menjadi momentum, menandai komitmen kita semua bersama Pemerintah Kota Yogyakarta  memberikan perlindungan kepada anak-anak kita sebagai generasi penerus bangsa.

 

Bapak Ibu hadirin yang kami hormati,                           

Dalam memberikan perlindungan kepada anak, terdapat hakekat yaitu merawat, menjaga, serta memberikan ruang seluas-luasnya bagi anak untuk dapat bertumbuh kembang sesuai dengan minat dan bakatnya masing-masing, dengan pengendalian dan pengawasan dari orangtua. Setiap anak hendaknya memiliki hak dan kewajiban yang sama secara adil, sesuai dengan kebutuhannya masing-masing secara inklusif, bertanggungjawab kepada orangtua, keluarga, masyarakat, bangsa dan negara.

 Dalam hal ini, keluarga dan lingkungan masyarakat sekitar memiliki peran yang sangat penting bagi tumbuh kembang anak. Sebagai sebuah komunitas sosial, keluarga dan masyarakat berperan dan bertanggungjawab dalam mendidik dan membentuk anak-anak menjadi pribadi-pribadi yang unggul, memiliki intelijensia dan kecerdasan, serta berkepribadian berakhlak yang mulia.

 

Selanjutnya keluarga dan masyarakat juga memiliki peran penting dalam memberikan pelindungan kepada anak, agar setiap anak dapat berkembang, belajar, bermain, bersosialisasi,  bebas dari ancaman kekerasan verbal maupun non-verbal, diskriminasi, bully, penelantaran, pengaruh pergaulan yang salah, maupun kelalaian dalam pemenuhan hak dasar anak seperti pendidikan, kesehatan, perhatian dan kasih sayang, yang merupakan tanggungjawab bersama keluarga beserta lingkungan sekitarnya.

Berkenaan dengan hal itu, perlindungan anak kiranya juga dapat diupayakan dalam bentuk lain, seperti misalnya agar anak memiliki ruang, waktu dan kesempatan untuk belajar dengan tenang dengan kondisi lingkungan yang mendukung. Diusahakan tidak bersuara keras yang dapat mengganggu anak belajar, menyediakan penerangan lampu yang terang, orangtua dan semua anggota menyimpan serta tidak membuka gadget / HP saat membantu anak belajar, tidak merokok di tempat yang semestinya tidak boleh merokok, menjaga  kesopanan dan tata tertib dalam tutur kata serta perilaku agar layak dicontoh oleh anak, mencoba memahami dan membangun komunikasi dua arah pada tiap anak dan anggota keluarga lainnya secara adil sesuai dengan kebutuhan masing-masing ; kesemuanya bermuara pada mengembangkan kehidupan keluarga serta lingkungan yang sehat, harmonis dan gembira agar anak dan setiap anggota keluarga dapat mengekspresikan pendapatnya, merasa dihargai serta didengarkan aspirasinya sebagai anggota keluarga.

Dewasa ini, kalau kita melihat, membaca atau mendengar di media massa, kekerasan mungkin dapat terjadi di mana saja. Bisa di lingkungan rumah, di masyarakat, di sekolah ataupun di tempat-tempat lain yang kadang tidak diperkirakan bisa terjadi. Dalam hal ini keluarga merupakan titik awal mula pembentukan kematangan individu dan kepribadian anak. Anak akan mengikuti dan mencontoh orangtua dengan berbagai kebiasaan, tata krama dan perilaku keseharian. Baik dan buruknya karakter anak di masa mendatang sangat ditentukan oleh pola pengasuhan yang diberikan keluarga dan lingkungan terdekat. Perlindungan terhadap anak kiranya menjadi  perhatian kita bersama, dimulai dari keluarga, masyarakat, pemerintah dan seluruh pemangku kepentingan / stakeholder pemerhati, termasuk berbagai lembaga dan institusi perlindungan anak.

Bapak Ibu hadirin yang berbahagia,

Kegiatan Gebyar PAUD serta Launching PATBM Kelurahan Brontokusuman pada pagi hari ini diharapkan dapat menjadi inspirasi, momentum dan motivasi bagi kita semua untuk lebih meningkatkan kepedulian terhadap pemenuhan kebutuhan dan perlindungan terhadap anak. Oleh karena itu, selanjutnya bersama ini dengan mengucap Bismilahirohmanirohim, saya meresmikan Launching Perlindungan Anak Terpadu Berbasis Masyarakat (PATBM) Kelurahan Brontokusuman. Semoga segala kegiatan kita pada pagi hari ini dan seterusnya mendapat ridho dari Allah SWT.

Wabillahi taufiq wal hidayah

Wassalamu’alaikum Wr.  Wb

 

WALIKOTA YOGYAKARTA