Login  Tentang      
27084 Pengunjung Blog Selasa, 27 Februari 2024

 

Kembali ke daftar blog Cetak Berita ini

SELAYANG PANDANG PENTAS HUT KOTA YOGYAKARTA KE 262 KECAMATAN MERGANGSAN

Diposting pada: 26 November 2018 10:44

Sebagaimana agenda kegiatan yang sudah disosialisasikan kepada warga masyarakat melelui poster-poster, group media sosial (WA) dan sosialisasi yang dilaksanakan oleh Pemerinbtah Kota Yogyakarta, beberapa kegiatan yang dilaksanakan di Kecamatan Mergangsan di awali sejak tanggal 14 Oktober 2018 sampai dengan tanggal 19 Oktober 2018.

  1. Jathilan

Jathilan dilaksanakan pada tanggal 14 Oktober 2018 pada pukul 15.00 wib s.d. selesai di halaman Kecamatan Mergangsan. Warga masyarakat sangat antusias untuk menikmati atau melihat kesenian tradisional jathilan mulai dari anak-anak, dewasa dan orang tua.

  1. Kethoprak

Sebagaimana kesenian jathilan, kethoprak ini dilaksanakan pada tanggal 14 Oktober 2018 namun pada malam hari yaitu pada pukul 21.00 wib. S.d. selesai dertempat di halaman Kecamatan Mergangan. Penonton sangat antusias menyaksikan pertunjukan kethoprak ini karena sangat jarang diadakan di tempat yang dekat dengan hunian mereka.

  1. Pentas Sanggara Wilasita

Sanggar Wilasita adalah salah sastu sanggar tari yang berada di Kecamatan Mergangsan. Dengan berkolaborasi dengan kesenian kethoprak, pentas sanggar ini juga dilaksanakan pada tempat dan waktu yang hampir bersamaan dengan Kethoprak sehingga menambah semarak dan meriahnya suasana pentas seni.  Sanggara Wilasita menyuguhkan berbagai sebni tari yang kebanyakan dilakukan oleh penari cilik hingga remaja.

  1. Bazar UMKM

Gelar potensi UMKM se Kecamatan Mergangsan diselenggarakan pada tanggal 17 s.d. 19 Oktober 2018 bertempat di halaman Kecamatan Mergangsan. Tujuan dari kegiatan ini adalah memperkenalkan produk UMKM dan memasarkannya kepada masyarakat. Berbagai produk digelar pada kegiatan tersebut mulai dari kuliner, fasion hingga kerajinan.

Yang lebih menarik dari kerajinan yang tampil di gelar UMKM tersebut adalah kelompok Batik Cathing Makaryo yang merupakan kelompok Batik di RW 17 Kelurahan Brontousuman. Kelompok ini menggunakan pewarna alami dalam membatik sehingga sangat ramah lingkungan dan kesehatan. Salah satu karya asli dari kelompok Batik Canthing Makaryo adalah Batik Ceplok Tumpeng Robyong.

  1. Panggung Hiburan

Panggung hiburan dilaksanakan sejak tanggal 17 s.d. 19 Oktober 2018 setiap malam. Menampilkan potensi seni yang ada di wilayah Kecamatan Mergangsan dari anak-anak, remaja dan dewasa baik kesenian tradisional seperti tari klasik, kethoprak  dan lain sebaginya sampai dengan seni modern seperti teater, gerak dan lagu dan sebaginya. Panggung hiburan ini juga berfungsi untuk menarik pengunjung agar datang ke Gelar UMKM yang dilaksanakan pada waktu dan tempat yang sama.

  1. Wayang Kulit

Wayang kulit dilaksanakan pada tanggal 18 Oktober 2018 bertempat di Pendopo Manunggal Kecamatan Mergangsan. Pelaksanaan Pagelaran Ringgit Purwo atau Wayang Kulit ini bekerjasama dengan Pepadi Kota Yogyakarta.

  1. Pawai Budaya

Pawai Budaya dilaksanakan pada tanggal 19 Oktober 2018 pada sore hari mengambil route awal dari halaman pendopo Taman Siswa ke Selatan melalui Jalan Taman Siswa sampai pada perempatan Taman Siswa ke arah Barat melalui jalan Kolonel Sugiono sampai pada Pojok Beteng Wetan kemudian belok ke arah Selatan melalui Jalan Parangtritis.  Sampai pada perempatan jalan Prawirotaman belok ke Timur sampai pertigaan jalan Sisingamangaraja ke arah Utara dan finish di halaman Kecamatan Mergangsan.

Pawai Budaya menampilkan peserta berpakaian dan berkendaraan tradisional dari seluruh RW se Kecamatan Mergangsan. Kegiatan ini bertujuan untuk menyemarakan Hari Ulang Tahun ke 262 Kota Yogyakarta tingkat Kecamatan Mergangsan.  Penampil terbaik mendapatkan penghargaan dari Panitia Penyelenggara.